Tony Fernandes, Executive Chairman kelompok usaha Tune Sdn. Bhd

by

AXN AA_KathleenTan-TonyFernandes-MarkLankester_1Tony Fernandes adalah salah satu pendiri dan Executive Chairman kelompok usaha Tune Sdn. Bhd.. Ia juga adalah Group Chief Executive Director AirAsia sejak December 2001.

Ia dikenal luas berkat keberhasilannya mentransformasi maskapai penerbangan Air Asia yang hampir bangkrut, menjadi perusahaan sukses dan bisa meraih break even point dalam setahun sejak pengambilalihannya.

Pria kelahiran 30 April 1964 ini lulus dari London School of Economics dengan gelar BSc di bidang Akunting dan Keuangan. la menjadi Associate Member dari Association of Chartered Certified Accountants tahun 1991 dan anggota Fellow Member tahun 1996. Tahun 2008 ia terdaftar sebagai Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) tahun 2008.

Sebelum sukses dengan Air Asia dan Tune Sdn. Bhd. ia bekerja sebagai Financial Controller di Virgin Communications London tahun 1987 hingga 1989, kemudian menjadi Senior Financial Analyst di Warner Music International London selama 10 tahun. Kiprahnya membuat Tony diangkat menjadi Managing Director di Warner Music Malaysia – Managing Director termuda karena masih berusia 26 tahun! Tahun 1996 ia menjabat sebagai Regional Managing Director ASEAN kemudian menjadi Vice President ASEAN sejak 1999 hingga July 2001 di Warner Music Asia Tenggara.

Keberhasilannya mengelola Tune Sdn. Bhd. Membuat usahanya berkembang. Selain Tune Air (Air Asia dan Air Asia X), usahanya merambah ke perhotelan, kartu ponsel prabayar, jasa keuangan, hiburan dan olah raga, termasuk membentuk Liga Bola Basket ASEAN dan tim balap Malaysia Caterham F1. Ia juga memproduksi minuman energi EQ8, serta menjadi pemegang saham mayoritas tim sepakbola Inggris Queens Park Rangers dan produsen mobil sports Inggris: Caterham Cars

Diantara berbagai penghargaan yang diraihnya adalah Recording Industry Person of the Year 1997 oleh Asosiasi Industri Rekaman Malaysia, Malaysia CEO of the Year 2003 oleh American Express, Emerging Entrepreneur of the Year – Malaysia 2003 oleh Business Times, Airline Business Strategy Award 2005 and Low Cost Leadership oleh Airline Business dan Asia Pacific Aviation Executive oleh Centre for Asia Pacific Aviation (CAPA) untuk tahun 2004 dan 2005.

Ia juga terpilih sebagai Master Entrepreneur dari Ernst & Young Entrepreneur Malaysia tahun 2006 . Tahun 2007, Tony dianugerahi penghargaan The Brand Laureate Brand Personality atas kiprahnya yang luar biasa, dedikasi dan kontribusi terhadap industri penerbangan di Malaysia. Tahun 2009, Dato’ Sri Tony mendapat penghargaan CAPA Legend Award (Aviation Hall of Fame). Ia menjadi orang Malaysia dan Asia Tenggara pertama yang mendapatkan penghargaan prestisius “Asia Businessman of the Year, 2010” dari majalah Forbes.

Kini, Tony siap untuk menjadi host dari The Apprentice Asia untuk mengatakan “You’re Fired!” seperti Donald Trump di The Apprentice versi AS, sambil mencari sosok yang tepat untuk menjadi anak didiknya dan bekerja di salah satu perusahaannya dengan gaji 6 digit USD dan mengatakan: You’re Hired! Nantikan aksi Tony di The Apprentice Asia yang akan ditayangkan di AXN tiap Rabu jam 20:05 WIB mulai 22 Mei, Pertama & Eksklusif di AXN.