Infomoneter

Telkom Kerjasama Penyediaan Layanan ICT

 

(infomoneter.com) – PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan 10 pengembang kawasan (developer) sepakat melakukan kerjasama dalam penyediaan layanan ICT (Information and Communication Technology) di kawasan perumahan dan apartemen. Kesepakatan kerjasama tersebut ditandantangani bersama oleh Direktur Konsumer Telkom Sukardi Silalahi dan pimpinan pengembangan kawasan, di Jakarta, Jumat (23/11/2012).

Sesuai kesepakatan, Telkom akan menyediakan produk-produk Telkom berupa layanan Voice/ Suara, Data & Internet, Pay TV/ Internet Protocol Television (IPTV), Hotspot/ WiFi dan Video Services pada Kantor Pemasaran, Rumah, maupun Fasilitas Umum yang berada di kawasan Perumahan dan/atau apartemen.

Sukardi Silalahi mengatakan, kerjasama dengan 10 pengembangan kawasan tersebut selain dimaksudkan sebagai value creation yang dilakukan bersama Telkom dan para pengembangan “Kerjasama ini tidak sebatas menjual masing-masing produk tetapi lebih dari itu menciptakan dan meningkatkan value creation masing-masing pihak,” kata Sukardi.

Kesepuluh pengembang tersebut adalah : PT. Pancanaka Swasakti Utama, PT. Bina Samakta, PT. Delta Sarana Prima, PT. Tri Biconts Pratama, PT. Delta Pinang Mas, PT. Delta Kahuripan, PT Agung Podomoro diwakili PT. Dian Ikrar Perkasa, PT. Duta Anggada diwakili PT. Duta Telkomindo Nusantara, PT. Mentari Cyber Media dan PT. Indoakses.

Seluruh kawasan dan/atau apartemen yang dikelola para pengembang tersebut nantinya akan memiliki infrastruktur telekomunikasi modern yang dapat dimanfaatkan baik oleh manajemen pengembang maupun para penghuni dan tenant.

Khusus untuk melayani kebutuhan para pengembang tersebut, Telkom akan menggunakan teknologi paling mutakhir, yakni Fiber To The Home (FTTH) yang merupakan format penghantaran isyarat optik dari pusat penyedia (provider) ke kawasan pengguna dengan menggunakan serat optik sebagai medium penghantaran.

Dijelaskan Sukardi kerjasama Telkom dengan para pengembang kawasan tersebut merupakan langkah tepat, mengingat saat ini di kota-kota besar Indonesia terutama Jakarta, kebutuhan akses internet yang cepat sangat tinggi, sehingga penggelaran infrastruktur FTTH di kawasan maupun perumahan sangat tepat dan bahkan menjadi suatu gaya hidup tersendiri.

“Penerapan teknologi FTTH tentunya akan meningkatkan nilai kawasan dan property itu sendiri disamping menjadi kebanggaan bagi Telkom karena dapat berpartisipasi menciptakan hunian ideal dengan fasilitas telekomunikasi mutakhir,” demikian Sukardi.

Penerapan Teknologi Fiber to The Home (FTTH)
Perkembangan teknologi serat optik saat ini dapat menggantikan penggunaan kabel konvensional dan didorong oleh keinginan Telkom untuk memberikan layanan yang dikenal dengan istilah Triple Play Services yaitu layanan akses internet cepat, suara (jaringan telepon, PSTN) dan video (TV Kabel) dalam satu infrastruktur pada unit pelanggan.

“Sebagai satu-satunya perusahaan TIMES (Telecommunication, Information, Multimedia, Edutainment & Services) di Indonesia, Telkom siap memberikan layanan Video, Internet dan Phone terbaik,” demikian Sukardi.

Sukardi menambahkan, perkembangan FTTH tidak terlepas dari permintaan layanan Broadband yang terus meningkat dari semula kebutuhan coverage menjadi kebutuhan bandwith dan terakhir menjadi kebutuhan keduanya. “Sebagai TIMES enabler, infrastruktur Telkom telah siap,” lanjut Sukardi.

FTTH memungkinkan para penghuni di kawasan yang dikelola kelima belas pengembang tersebut menikmati layanan TIMES sebagai way of life. Telkom memproyeksikan infrastrukturnya mampu menghantar layanan true broadband hingga kecepatan 100 Mbps di kawasan perumahan dan apartemen.

Share

Short URL: http://infomoneter.com/?p=139

Posted by on Nov 27 2012. Filed under Ekonomi Bisnis, Telkom. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Photo Gallery

2012 infomoneter | nevermindisfun