Infomoneter

Shafiyyatul Ghina, Putri Wong Solo, Berani Buka Usaha Sendiri

Tak banyak anak pengusaha yang mampu membuka usaha sendiri. 1 (9)Umumnya hanyalah melanjutkan tongkat estafet kejayaan bisnis ayahnya. Tidak demikian dengan Shafiyyatul Ghina, putri tokoh kuliner Wong Solo, Puspo Wardoyo. Ia bahkan mampu mengguritakan jejaring Ayam KQ-5 miliknya dalam waktu kurang dari setahun.

Menjadi putra mahkota dari sebuah kerajaan bisnis sangatlah biasa. Sang pengusaha yang bisa dibilang bisnisnya telah melegenda, pada saatnya juga akan menyerahkan kursi emasnya kepada sang anak. Tak seperti Sang ayah yang memulai usaha dari nol dengan pendidikan seadanya, para penerus tahta itu dipersiapkan dengan menyekolahkannya setinggi langit hingga ke manca negara.

Namun kisah yang berbeda datang Shafiyyatul Ghina. Sebagai putri pemilik raksasa kuliner Wong Solo Grup, ia justru kurang tertantang untuk meneruskan tahta bisnis Sang Ayah. Mahasiswi semester akhir Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, lebih senang membuat usaha sendiri ketimbang melanjutkan bisnis Wong Solo yang kejayaannya sudah merambah negara tetangga itu.

Perpaduan antara ilmu yang dikecapnya di perguruan tinggi dengan darah bisnis yang diturunkan Sang ayah, membulatkan tekad Ghina untuk mendirikan usaha kedai ayam bakar berlabel Ayam KQ-5 di kota Medan setahun silam. Meski masih serupa dengan bidang usaha yang digeluti Wong Solo, Ayam KQ-5 memiliki bidikan yang berbeda.

Dengan branding kaki lima, sebut Ghina, tak pandang buluh, semua kalangan bisa makan di kedainya. Baik yang naik motor atau mobil, mahasiswa, karyawan hingga masyarakat umum. “Mareka gak bakal segan untuk masuk, menikmati menu ayam yang enak,” imbuh putri Puspo Wardoyo ini tentang posisioning usahanya.

Konsep yang Ghina bilang simpel itu, diperkuat lagi dengan pilihan menu yang semuanya sudah tersedia dalam bentuk paket. “Biasanya orang lebih senang kalau sudah lihat dalam bentuk paket, sebab akan lebih hemat,” beber dara cantik berusia 22 tahun ini. Pengalaman Ghina saat mahasiswa merupakan cikal bakal dari ide paket ini.

“Kalau di restoran kan orang sudah takut duluan, sebab selain harganya mahal memesan menu satu per satu hanya akan membuat ribet dan harganya mahal,” Ia membandingkan keunggulan konsep kaki lima dengan restoran. Walau, secara umum baik dari sisi lokasi, desain interior dan eksterior Ayam KQ-5 tak jauh beda dengan berbagai restoran ternama di tanah air.

Selain paket menu ayam bakar, Ghina juga menyuguhkan menu paket bebek, lele dan ayam penyet. Harganya berkisar dari Rp 16 ribu hingga Rp 20 ribu per paket. Disamping juga, ada tumis cah kangkung dan mie goreng. Tidaklah heran, kedai ayam bakar yang berkasitas 150 orang itu selalu disesaki pengunjungnya hari demi hari.

Prospek bisnisnya demikian cerah. Anak seorang Puspo akhirnya mampu menunjukkan dirinya. Ia tak hanya jenius seperti ayahnya dalam meramu citarasa, tetapi juga  kemampuannya melihat peluang semakin tajam. Kemampuan manajerial diperolehnya di bangku kuliah menambahkan kematangannya menjadi pengusaha. Kreativitas segarnya mulai mempesona pasar ayam bakar tanah air.

Belum  genab setahun gerai pertamanya dibuka di kota Medan, Ghina mengguritakan usahanya menjadi 4 gerai, yang masing-masing berlokasi di berbagai kota. Seperti di kota Banjarmasin, Jakarta dan Solo.  “Kami juga membuka kesempatan franchise,” tambahnya. Investasi franchise untuk Ayam KQ-5, kata Ghina, sebesar Rp 500 juta.

Angka tersebut cukup masuk akal, kata Ghina, sebab sebuah kedai ayam bakar akan dibangun mulai dari tanah kosong hingga menjadi bangunan yang layak. Selain itu, peralatan yang diberikan juga sangat mumpuni, terutama untuk peralatan dapur. Kesempatan franchise terbuka di seluruh kota tanah air.

“Saya berencana akan mengepung semua mal terkenal Se-jabodetabek,” target Ghina dalam waktu dekat untuk ekspansi KQ-5 di Jakarta dan sekitarnya. Ia mengambil lokasi di mal untuk Jakarta lantaran di kota semacet Jakarta orang lebih suka bermain ke mal sambil berburu kuliner, ketimbang hanya ke sebuah restoran untuk makan.

Info Lebih Lanjut?

 

Share

Short URL: http://infomoneter.com/?p=352

Posted by on Jan 12 2013. Filed under Kuliner, News. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Photo Gallery

2012 infomoneter | nevermindisfun