Robert F. Bruner, Dekan pilihan CNN Money : Pertumbuhan Ekonomi 6% Ciptakan Pemimpin-Pemimpin Global

by

infomoneter.com–Dekan salah satu Sekolah Bisnis terkemuka Amerika Serikat, Dekan Robert F. Bruner, terpilih oleh CNN Money dan majalah Fortune sebagai Dekan Tahun 2012, mengunjungi Jakarta sebagai bagian dari kunjungan 3 negara, Australia, Indonesia dan Singapura untuk bertemu dan berbicara kepada alumni Darden Business School, University of Virginia, dalam rangka mempererat tali hubungan dengan Asia dan Australia. Kunjungan Dekan Bruner ke Jakarta, termasuk pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan Ph.D.

Dalam kunjungan ini, Dekan Bruner mengumumkan pemberian fellowship atau beasiswa Darden untuk untuk dua orang Indonesia; satu fellowship ditawarkan untuk program Master of Business Administration, dan satu fellowship ditawarkan untuk program Global MBA untuk Eksekutif/GEMBA. Program MBA di Darden Business School sudah termasuk pendidikan dan residensi selama dua minggu di sejumlah lokasi di dunia, dan program ini mengkombinasikan pengalaman di lapangan, kunjungan ke perusahaan serta pendidikan akademik.
Bruner dalam jumpa pers di Jakarta mengatakan: “Selama 50 tahun terakhir, bisnis global meningkat dramatis, dan ekspor sebagai persentasi Produk Domestic Bruto, meningkat dua kali lipat.”

Selanjutnya Dekan Bruner berpendapat tentang kinerja ekonomi Indonesia dengan mengatakan, “Pertumbuhan Indonesia yang luar biasa – 6% – merupakan contoh dari ekonomi transisi yang dikelola dengan hati-hati, yang bergerak dari ekonomi berbasis sumber daya agrikultur ke arah sistem ekonomi yang lebih terpadu dan beraneka ragam.”

Mengingat modal besar yang ditanamkan untuk pendidikan yang dijanjikan pemerintah Indonesia – 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, menurut Bruner, “Bangsa Indonesia kemungkinan besar akan meningkat ke tahap yang sangat kompetitif di wilayah Asia bahkan dunia.”
Dekan Bruner juga berpendapat bahwa, “Pertumbuhan ini menciptakan tuntutan akan pemimpin-pemimpin bisnis berwawasan global dengan profil yang baru, sementara kebutuhan juga tumbuh terus akan penguasaan konsep global disamping pengetahuan praktis keadaan local.”
Dekan Bruner terpilih untuk memimpin Studi mengenai Globalisasi Pendidikan Manajemen di tahun 2011, dan memperlihatkan bahwa di seluruh dunia ada 13.000 sekolah bisnis yang memberikan kesarjanaan bisnis, dan hanya 10% dari jumlah tersebut terakreditasi resmi, dan survei juga memperlihatkan bahwa misi serta kurikulum sekolah sekolah bisnis ini ketinggalan jaman.

Studi juga memperlihatkan bahwa kampus internasional jumlahnya bertumbuh 17% per tahun, dan sekolah-sekolah bisnis dari 22 negara telah membuka cabang di luar negara masing-masing, lebih separuhnya atau 51% adalah kampus yang didirikan negara maju serta yang membentuk cabang di negara berkembang.

Mobilitas siswa melintasi perbatasan juga meningkat terutama dari negara negara di Asia, khususnya India dan China, juga dari Brazil, Eropah dan Amerika Serikat. Kata Dean Bruner hal-hal ini menunjukkan adanya kebutuhan akan pemimpin bisnis global yang kompeten dan percaya diri.

Dean Bruner menjelaskan, tiga jenis kompetensi diperlukan untuk membangun pemimpin, yaitu pengetahuan sebagai spesialis, keterampilan atau pengetahuan bagaimana cara pelaksanaan, dan ketiga atribut kekuatan karakter seseorang. Di Darden kepemimpinan global dibangun dengan formula yang unik yang mengkombinasikan metode studi kasus, tim pengajar yang berkelas dunia, dan pembentukan komunikasi belajar yang erat.

Alumni Darden membentuk jaringan global lebih dari 14.000 orang dan tetap menjalin hubungan denan Darden seumur hidup, dan memberikan kembali kepada almamater melalui kegiatan sukarela, kegiatan amal, dan akademik. Tim redaksi