Prudential Indonesia Pertahankan Pertumbuhan Positif di Tahun 2014

by
Mencatat pertumbuhan total pendapatan premi sebesar 17 %, didukung oleh fokus yang konsisten untuk melayani kebutuhan keuangan masyarakat Indonesia
Mencatat pertumbuhan total pendapatan premi sebesar 17 %, didukung oleh fokus yang konsisten untuk melayani kebutuhan keuangan masyarakat Indonesia

(infomoneter.com)-Mencatat pertumbuhan total pendapatan premi sebesar 17 %, didukung oleh fokus yang konsisten untuk melayani kebutuhan keuangan masyarakat Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mengumumkan hasil kinerja bisnis dan finansial di tahun 2014. Prudential Indonesia melaporkan kinerja yang positif dengan mencatatkan pertumbuhan total pendapatan premi hampir tiga kali lipat pertumbuhan industri yang sebesar 6.8% 1. Pertumbuhan tersebut mengukuhkan posisi perusahaan sebagai perusahaan asuransi jiwa terpercaya serta mempertegas komitmen perusahaan untuk memberikan perlindungan jangka panjang kepada masyarakat Indonesia.

Total Pendapatan Premi

Rinaldi Mudahar, Presiden Direktur Prudential Indonesia, menjelaskan, “ketangguhan bisnis Prudential Indonesia ditunjukkan dengan kemampuan perusahaan mencatatkan pertumbuhan total pendapatan premi sebesar 17% atau mencapai Rp26,18 triliun. Pertumbuhan didorong oleh kenaikan total pendapatan premi lanjutan sebesar 25% menjadi Rp 15,06 triliun. Total premi bisnis baru juga mencatat pertumbuhan positif sebesar 6%. Pertumbuhan yang solid tersebut didukung oleh strategi perusahaan dalam melakukan pengembangan produk serta layanan yang berfokus kepada kebutuhan nasabah.”

Portofolio produk unit link perusahaan masih menjadi penyumbang terbesar bagi total pendapatan premi, meningkat 17% menjadi Rp25,84 triliun dibanding tahun sebelumnya.

Total Aset dan Dana Kelolaan

Prudential Indonesia mencatat kenaikan total dana kelolaan sebesar 32%, didorong oleh pertumbuhan total pendapatan premi dan kinerja pasar Indonesia yang kuat. Total aset perusahaan juga naik 31% menjadi Rp56,47 triliun.

Selain itu, dana investasi unit link Prudential mencatatkan kinerja yang sangat baik di pasar. Dari 11 dana PRUlink2, delapan di antaranya masuk dalam tiga besar di kategorinya masing-masing dengan tolok ukur kinerja setahun.

Total Klaim dan Manfaat

Prudential Indonesia terus menunjukkan komitmen untuk memberikan perlindungan bagi lebih dari 2,4 juta nasabahnya dengan membayar total klaim dan manfaat mencapai Rp9,44 triliun pada tahun 2014. Jumlah ini meningkat sebesar 32% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

20 Tahun Melayani Masyarakat Indonesia

Rinaldi menyatakan, ”Komitmen Prudential Indonesia selama 20 tahun untuk terus “mendengarkan dan memahami” nasabah diwujudkan melalui upaya perusahaan untuk terus memberikan layanan serta produk asuransi jiwa yang terdepan. Kami percaya bahwa pengembangan produk dan layanan nasabah yang berkesinambungan seperti misalnya layanan PRUhospital friend yang sudah hadir selama empat tahun dan tersebar di 49 rumah sakit di 15 kota dan menangani 50 persen dari semua klaim proteksi kesehatan, merupakan kunci dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan mendorong pertumbuhan perusahaan.”

Komitmen jangka panjang Prudential di Indonesia juga ditunjukkan melalui pertumbuhan jumlah tenaga pemasar sebesar 20 % di tahun 2014. Rinaldi menambahkan, “Kami berkomitmen untuk menjangkau semakin banyak masyarakat dan membuka akses kepada perlindungan asuransi melalui tenaga pemasar berlisensi yang terus bertumbuh. Mereka inilah yang membantu setiap nasabah memiliki perlindungan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan mereka. Guna mendapat perlindungan yang tepat, kami mendorong para nasabah untuk berkonsultasi secara berkala dengan para tenaga pemasar kami. Selain itu, Prudential juga bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat dalam menemui para tenaga pemasar dan mendapatkan pelayanan melalui 380 Kantor Pemasaran Mandiri yang tersebar di seluruh negeri.”

Inisiatif Tanggung Jawab Sosial

Komitmen perusahaan untuk berkontribusi kembali kepada masyarakat ditunjukkan dengan tercapainya inisiatif “Sejuta Hati untuk Sejuta Mimpi” di akhir tahun 2014. Sejak diluncurkan pada tahun 2012, kampanye inisiatif tanggung jawab sosial ini telah menjangkau lebih dari satu juta orang di Indonesia melalui tiga pilar fokusnya yaitu pendidikan, anak-anak dan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana.

Lebih lanjut, Prudential melihat bahwa saat ini masih terdapat ‘kesenjangan proteksi’ yang cukup besar di Indonesia. Masih banyak keluarga Indonesia yang belum sadar dan memahami pentingnya memiliki perlindungan asuransi, dan banyak juga yang sudah memiliki asuransi namun nilai perlindungannya tidak memadai. Sejak tahun 2009, perusahaan mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan literasi keuangan dan mempromosikan peran penting asuransi jiwa bagi masa depan keuangan keluarga. Sebagai contoh, bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Perdagangan serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Prudential Indonesia telah melaksanakan lokakarya literasi keuangan bagi perempuan dari keluarga berpendapatan rendah yang dilaksanakan di 19 kota di Indonesia dan telah menyentuh lebih dari 19.000 perempuan.

“Ke depannya Prudential Indonesia akan terus melaksanakan komitmennya untuk mendengarkan, memahami, serta membantu memberikan solusi akan kebutuhan asuransi jiwa masyarakat, serta mengembangkan industri asuransi jiwa sebagai salah satu pilar ekonomi yang dapat menyejahterakan bangsa,” tutup Rinaldi.