Pertamina Rangkul Konsorsium Sumitomo-Rekin Percepat Proyek Ulubelu 3&4

by

sumitomo(infomoneter.com) – PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaan PT Geothermal Energy merangkul Konsorsium Sumitomo-Rekayasa Industri untuk menggarap proyek Ulubelu 3 dan 4.

VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengungkapkan PGE telah menandatangani kerjasama untuk pelaksanaan engineering, procurement, and construction Ulubelu 3 dan 4 dengan konsorsium Sumitomo-Rekin. Menurut dia, kerjasama pelaksanaan proyek berkapasitas 2×55 MW tersebut merupakan bagian dari upaya Pertamina untuk melakukan akselerasi proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi.

“Ulubelu 3 sudah diharapkan selesai 2016 dan siap menopang pasokan sumber listrik yang ramah lingkungan di Lampung dan sekitarnya. Diharapkan untuk unit 4 juga dapat diselesaikan dalam waktu cepat setelah unit 3 beroperasi. Hal ini merupakan bagian upaya Pertamina untuk meningkatkan pemanfaatan sumber energi baru terbarukan di Tanah Air,” ungkapnya.

Pada proyek yang didanai World Bank ini, PGE tidak lagi sekadar menjual uap seperti halnya di Ulubelu Unit 1 dan 2. Untuk unit 3 dan 4, katanya, PGE akan sekaligus memproduksi listrik dan dijual langsung kepada PLN.

Sebelumnya, Direktur Utama PGE Rony Gunawan mengatakan anak perusahaan Pertamina di bidang panas bumi tersebut akan menuntaskan sekitar 10 proyek hingga 2018. Beberapa proyek tersebut di luar Ulubelu 3 & 4 meliputi, PLTP Kamojang unit 5 berkapasitas 35MW onstream pada 2015, Karaha unit 1 bekapasitas 30 MW onstream pada 2016, Lumut Balai 1& 2 berkapasitas 2 x 55 MW yang akan masuk 2016, dan Hululais 1&2 berkapasitas 2×55 MW masuk pada 2017 dan 2018.

Ada berita? kirim ke: redaksiinfomoneter@yahoo.co.id