OGB Indofarma Menyasar ke Semua Kalangan

by

IMG01482-20130112-1729(infomoneter.com)-PT Indofarma terus mengkampanyekan penggunaan obat generik berlogo (OGB)ke semua lapisan masyarakat. Bila sebelumnya, Indofarma mengkampanyekan OGB ke masyarakat menengah bawah, kini sosialisasinya mulai menyasar ke masyarakat menengah atas.

 Menurut Direktur Riset dan Pemasaran PT Indofarma Elfiano Rizaldi, sosialisasi OGB ke kalangah menengah atas perlu dilakukan karena mereka adalah kalangan rasional yang memiliki pendidikan dan pendapatan lebih baik. Dikatakannya, OGB adalah obat murah namun memiliki kualitas mutu yang setara dengan obat paten. “ Oleh karena itu kami melakukan sosialisasi di mal –mal mewah untuk memperkenalkan OGB ke kalangan masyarakat menengah atas karena OGB adalah obat berkualitas dengan harga rasional,” jelas Elfiano kepada sejumlah wartawan di sela –sela acara sosilisasi OGB di Mal Taman Anggrek, Jakarta (12/1)

 Elfiano menjelaskan, mal dipilih karena banyak sekali masyarakat menengah atas yang lalu lalang dan berbelanja di tempat tersebut. Dan aktivitas sosialisasi dari mal ke mal sudah dimulai sejak awal Desember 2012 . “Sebelumnya, kita mensosialisasikan di sekolah-sekolah, posyandu dan tempat –tempat lainnya,” paparnya.

 Senada dengan Elfiano, Brand Ambasador OGB Shahnaz Haque menjelaskan bahwa sosialisasi OGB Indofarma utamanya ditujukan kepada para ibu. Menurutnya, Ibu memiliki peran sentral dalam keluarga. “Kalau anak sakit yang membelikan obat ibu, begitu juga suami, jadi ibu merupakan sasaran yang efektif untuk memperkenalkan OGB,” jelas wanita cantik ini.

 Sosialisasi OGB utamanya untuk juga dimaksudkan untuk menghilangkan stigma bahwa obat generik adalah obat kelas dua. Padahal anggapan tersebut tidak benar. Obat Generik Berlogo dari sisi zat aktifnya, persis sama dengan obat paten, sehingga mutunya sama dengan obat paten yang berharga jauh lebih mahal.

 OGB merupakan program Pemerintah yang diluncurkan pada era tahun 1989 dengan tujuan memberikan alternative obat kepada masyarakat dengan kualitas terjamin dan harga terjangkau serta ketersediaan yang cukup sehingga masyarakat mudah mendapatkan OGB. Karena pada saat itu, dirasakan harga obat bermerek sangat tinggi sehingga obat sulit dijangkau oleh masyarakat banyak. Harga produk OGB ditetapkan oleh Pemerintah dengan pertimbangan bahwa harga OGB harus terjangkau oleh masyarakat.

 Untuk itulah PT Indofarma, selaku produsen utama Obat Generik Berlogo di Indonesia terus berupaya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat bahwa kualitas Obat Generik Berlogo sama dengan obat paten.. (Helmy Yacob/redaksiinfomoneter.co.id)