Martha Tilaar, Wanita Sukses di Jalur Kosmetik

by

Martha Tilaar mengawali karir bisnisnya di ruangan seukuran garasi, kini tumbuh menjadi raksasa kosmetik di Indonesia. Produk-produknya pun, tidak sebatas dipasarkan di Indonesia, namun telah merambah dunia.

Founder dan Chairwomen Martha Tilaar Group meraih Anugerah Perempuan Indonesia 2012 dari Majalah Business review untuk category Life Time Achievement Award atau kata lainnya adalah pengabdian Seumur Hidup untuk Perempuan Indonesia dan Dunia Sektor Kosmetik dan Kecantikan. Penghargaan itu, diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI Linda Amelia Sari Gumelar di Jakarta, Kamis (19/04/2012).
Martha Tilaar pantas disebut ikon kemajuan dunia kosmetik Indonesia. Mental wirausahanya telah tertanam sejak kecil. Hal itu membuat dirinya tidak puas dan terus melakukan inovasi di dunia kosmetik. Berbagai upayanya itu memberikan salurah berkah bagi banyak orang. Martha sukses terbukti sukses menyerap lapangan kerja sekaligus memberdayakan masyrakat untuk terus berkarya. Perusahaannya itu, kini mempekerjakan lebih dari 6000 karyawan.
Dengan memegang filosofi Rupasampat Wahyabyantara yakni ide kecantikan alami yang abadi adalah memadukan antara kecantikan luar dan dalam, Martha Tilaar berharap agar dedikasinya bisa menumbuhkan jiwa entrepreneur di kalangan masyarakat Indonesia.
Saat ditanya seputar sepak terjangnya di industri kosmetik dan kecantikan sehingga menjadi perusahaan besar, Martha Tilaar mengaku dirinya sebagai seorang bonek alias bondo nekat. “Saya ini bonek lho, bondo nekat. Apa aja bisa saya lakukan,” ungkapnya di acara sesi diskusi Anugerah Perempuan Indonesia (API) 2012.
Jangan melihat kesuksesannya sekarang. Martha Tilaar memulai bisnisnya secara kecil-kecilan dengan membangun salon kecantikan di ruangan berukuran sempit. Ia juga melakukan usahanya dengan door to door hingga menjadi sebuah perusahaan Grup besar. Salah satu kunci kesuksesannya adalah kultur yang ditanamkan oleh orangtuanya, yakni local wisdom. Martha Tilaar mempunyai komitmen tinggi membangun industri kosmetika. Ia investasi besar di bidang riset dan pengembangan (R&D). Ia mau mengirim staf ahli farmasinya belajar ke luar negeri, atau mengikuti berbagai pameran di luar negeri.
Martha merupakan sosok yang inovatif. Penyemangatnya adalah glozalization yaitu kekhasan lokal bisa menglobal apabila ditekuni menjadi kekayaan tersendiri. Identitas lokal dan lokal cultural diangkat menjadi daya saing di pasar global. Martha juga tak kenal lelah terus mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia untuk produk-produk salonnya. Tujuannya, adalah agar perempuan Indonesia tetap terpelihara kecantikan dan keayuannya
Martha melihat banyak produk-produk kecantikan yang diramu dari bahan mentah yang berasalkan dari Indonesia. Dengan modal tersebut, Martha terus mengembangkan usahanya. Di sinilah kata Martha, diperlukan kejelian dalam membuka peluang bisnis.
Itulah Martha Tilaar. Istri pendidik Prof. Dr. H.A.R Tilaar, ibu dari empat orang anak, nenek dari beberapa orang cucu. Dialah sosok wanita yang tidak pantang menyerah. Ketika orang lain mengatakan tidak mungkin, Ia tetap mencobanya. Sebagaimana pengakuannya sebagai bonek, Martha tidak melihat besarnya hambatan di depan, tapi bagaimana memecahkan masalah. Selamat buat Martha yang meraih Life Time Achievement Award.