LSPR Luluskan Calon Tenaga Kerja Kompetitif dan Kreatif

by

LSPR Bangun Kampus Baru di Transpark Juanda

infomoneter.com– Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi The London School of Public Relations – Jakarta (LSPR-Jakarta) kembali menyelenggarakan wisuda dengan melantik 1119 alumni baik dari program sarjana maupun pasca sarjana, diantara wisudawan tersebut akan dilantik beberapa public figure Indonesia yang merupakan mahasiswi LSPR – Jakarta, diantaranya adalah Anggika Bosterli dan Adinda Thomas serta Abel Cantika yang dikenal sebagai selebgram. Acara berlangsung di Ballroom Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Jl. Jendral Sudirman Kav 52-53, SCBD-Jakarta.

Salah satu sektor riil yang sangat layak menjadi prioritas adalah ekonomi kreatif. Pada salah satu media, Presiden Joko Widodo menyatakan optimismenya bahwa ekonomi kreatif kelak menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Berbeda dengan sektor lain yang sangat tergantung pada eksploitasi sumber daya alam, kekuatan ekonomi kreatif lebih bertumpu kepada keunggulan sumber daya manusia. Karya seni, arsitektur, buku, inovasi teknologi, dan animasi, berasal dari ide-ide kreatif pemikiran manusia.

Sebagai kampus komunikasi, LSPR pun mendukung para mahasiswa untuk berkreativitas dalam berbagai hal, contohnya memaksimalkan sosial media sebagai sarana aktualisasi diri yang ternyata dapat memberikan penghasilan ekstra bagi mereka yang mau berusaha. Vlogger, Blogger, Youtuber hingga Selebgram pun menjadi sebuah profesi yang patut diperhitungkan saat ini.

“Banyak anak muda yang saat ini juga menjadi pelaku ekonomi kreatif sehingga menghasilkan banyak entrepreneur baru. Prilly Latuconsina dan Varrel Bramasta adalah contoh dari sekian banyak yang mencoba membangun bisnisnya walau masih berstatus mahasiswa di LSPR. Oleh karena itu, selain menghasilkan alumni yang kompetitif, LSPR pun mempersiapkan alumninya dengan berbagai skills yang siap dijadikan modal sebagai pelaku ekonomi kreatif.” Ujar Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR – Director & Founder LSPR Jakarta.

Tiga belas siswa dari Lembaga Pendidikan Ketrampilan London School Beyond Academy (LPK-LSBA) turut dilantik menjadi alumni yang berhasil menyelesaikan masa pendidikan selama tiga tahun. Selama masa belajarnya, mereka diajarkan fotografi, teknik cetak/sablon, desain grafis, ilustrasi hingga tipografi. Seluruh ketrampilan ini diharapkan dapat digunakan pada saat mereka bekerja baik untuk orang lain maupun membuka usaha sendiri.

Dalam kesempatan ini, Dr. Handry Satriago – CEO of General Electric di sesi pagi dan Dr. Ir. Illah Sailah, MS – Kopertis Wilayah III, Prof. Mike Hardy, CMG OBE FRSA – Executive Director, Centre for Trust, Peace and Social Relations at Coventry University, UK dan Triawan Munaf – Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di sesi siang hadir untuk menyampaikan inspirational speech mereka kepada para wisudawan, orangtua dan juga para tamu undangan.

London School of Public Relations – Jakarta yang berdiri sejak 1 Juli 1992 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program sarjana ilmu komunikasi yang terbagi atas enam konsentrasi pilihan yaitu, Public Relations, International Relations, Marketing, Mass Communication, Digital Media Communication & Advertising dan Performing Arts Communication, serta program pasca sarjana yang terbagi menjadi empat konsentrasi yaitu Corporate Communication, Marketing Communication, International Relations Communication dan Mass Media Management. Saat ini LSPR – Jakarta memiliki 17.219 lulusan serta lebih dari 4500 mahasiswa dan mahasiswi aktif.

Data LSPR Career Center menunjukkan tingkat serapan lulusan LSPR-Jakarta di dunia kerja mencapai 75% lulusan. LSPR Career Center selain menyelenggarakan seminar dan pelatihan, menyediakan informasi lowongan pekerjaan, juga membantu menyalurkan para alumni ke bidang pekerjaan yang mereka inginkan baik dalam dan luar negeri. Saat ini tercatat 9.749 alumni untuk program sarjana, 1.075 alumni untuk pasca sarjana dan 6.600 alumni program diploma, total keseluruhan alumni adalah 17.219 orang.

Sejak tahun 2002, LSPR selalu mendapat pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional dengan nilai A. Untuk program S1 LSPR telah mendapat pengakuan internasional dari lembaga akreditasi internasional yakni The London Chamber of Commerce and Industry Examination Board (LCCI) United Kingdom dan City and Guilds UK sedangkan untuk Program S2, LSPR menjalin kerjasama dengan Edith Cowan University Australia dan City and Guilds UK.

Pada 9 November 2016, LSPR telah menerima surat keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 345/M/KPT/2016 mengenai tentang penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada lingkup program studi Ilmu Komunikasi. LSPR juga mendapatkan tiga penghargaan dari KEMENRISTEKDIKTI pada tanggal 30 November 2016 dengan predikat Peringkat I di Kalangan Sekolah Tinggi untuk Aspek Kelembagaan, Peringkat I di Kalangan Sekolah Tinggi untuk Aspek Kemahasiswaan dan Peringkat II di Kalangan Sekolah Tinggi untuk Aspek Ketenagaan. (Rizka)

D