Kini Pelindo I Masuki Bisnis Pangan  

by

pangan(infomoneter)-Bisnis PT Pelindo I saat ini merambah ke sektor pangan. Perusahaan tersebut telah membuat lemari pendingin untuk menyimpan makanan (cold storage) di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara. Itu dilakukan agar kegiatan ekspor pangan ke Malaysia dan Singapura dapat dilakukan langsung melalui Medan dan Brastagi. Demikian diungkapkan Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Pelindo I.

 “Peluang Pelindo I masuk ke bisnis pangan sangat terbuka lebar. Setelah membangun cold storage di Belawan, kami akan membangun klaster khusus tahap kedua untuk pemrosesan pangan (food processing) di Pelabuhan Kualan Tanjung, Aceh,” ujar Bambang di Jakarta, Kamis (3/11).
 
Bambang mengungkapkan, masuknya Pelindo I ke bisnis pangan ini akan menurunkan biaya logistik hingga 30%. Pasalnya, semua distribusi pangan saat ini masih dilakukan melalui darat. Jika kegiatan tersebut dilakukan lewat laut, maka biaya logistiknya akan lebih murah hingga 30%. Untuk mendukung bisnis pangan ini, Pelindo I sejak 5 Agustus 2016 lalu telah mengalokasikan investasi Rp50 miliar.
 
 “Contohnya, biaya logistik untuk pengiriman dari Jawa ke Aceh melalui darat saat ini mencapai Rp17,5 juta per kontener. Jika itu dilakukan lewat laut, maka biaya tersebut hanya sebesar Rp7,5 juta per kontener. Jadi akan ada efisiensi biaya sebesar Rp10 per kontener,” pungkasnya. (abr)