Kendati Belum Punya Kapal LNG, LEAD Tetap Ikut Tender Proyek LNG

by

(infomoneter)-Kendati belum memiliki kapal pengangkut gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG), PT Logindo Samuderamakmur Tbk (LEAD) akan tetap mengikuti tender proyek infrastruktur dan transportasi LNG pada tahun ini melalui konsorsium dengan sejumlah mitra strategis.

“Jika sudah ada kepastian bahwa konsorsium kami memenangkan tender, barulah manajemen LEAD akan mengusahakan pengadaan kapal bersama mitra usahanya,” ujar Sundap Carulli, Chief Financial Officer LEAD, di Jakarta, Kamis (30/03/2017).

Sundap mengemukakan, investasi yang harus disediakan untuk pengadaan satu unit kapal LNG berkisar antara US$20-40 juta. Perseroan hingga kini belum siap untuk memenuhi kebutuhan investasi tersebut secara mandiri.

“Meski demikian, kami tidak kuatir mengenai kendala modal. Ketika bernegosiasi nanti, kami akan mengedepankan keunggulan kompetitif perseroan sebagai pemain lama di bisnis eksplorasi dan transportasi minyak bumi,” papar Sundap.

Lagipula, demikian Sundap, pemberi proyek juga memahami kalau saat ini tidak ada kapal LNG yang siap beroperasi di Indonesia. Jadi, para pemberi proyek pasti akan memberikan waktu antara 18-24 bulan untuk pendanaan. LEAD tidak memiliki kapal LNG ini karena kapal tersebut berbeda jenis dengan kapal yang dimiliki perseroan saat ini.

“Tetapi, jika perseroan nantinya berhasil memenangkan tender proyek pengangkutan LNG, maka dana belanja modal untuk membiayai pembelian kapal LNG baru akan dialokasikan pada tahun depan,” pungkasnya. (infomoneter.com).