Jakarta Banjir, Sangat Penting Dilakukan Mitigasi

by

banjir(infomoneter.com)-Bencana banjir kembali melanda ibukota. Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ibukota serta beberapa daerah di sekitarnya, kedatangan air kiriman dari Bogor hanya tinggal menunggu waktu. Sejarah memperlihatkan kota Jakarta tidak berkutik ketika banjir melanda. Bila banjir datang dipastikan mayoritas sendi kehidupan ibukota akan terganggu. Banjir sudah menjadi permasalahan ibukota yang tidak ada habisnya saat musim penghujan tiba.

Permasalahan banjir sudah ada sejak dahulu. Bahkan pemerintah kolonial Belanda telah mempersiapkan rencana tata ruang untuk mengendalikan banjir. Menyadari keadaan ini, pengusaha sekaligus pengurus Perhimpunan INTI, Ulung Rusman menyatakan pentingnya usaha pencegahan bencana. “Permasalahan ini tidak hanya karena infrastruktur yang buruk, tetapi juga akibat tingkat kedisiplinan warga yang rendah,” tukas Ulung di Jakarta, Selasa (14/01).

Selain itu, selama ini permukiman warga di bantaran sungai dianggap sebagai penyebab penyempitan sungai. Ulung juga menyambut positif usaha yang sedang dilakukan gubernur DKI Joko Widodo, yaitu sumur resapan di beberapa titik di ibukota.”Saya setuju dengan rencana untuk membangun biopori sebagai sumur resapan. Selain itu semua, yang paling diperlukan adalah partisipasi aktif warga Jakarta untuk menjaga lingkungan, kebersihan dan jgn membuang sampah sembarangan,” tegas Ulung

Mantan aktivis 98 ini menambahkan, “Banjir tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Yang bisa dilakukan saat ini adalah mitigasi bencana banjir untuk mengurangi risiko dan dampak bencana. Mitigasi atau upaya untuk mengurangi korban dari bencana, ini sangat penting,” jelas Ulung. Selain siklus alam yang sedang memasuki musim penghujan, saat ini Indonesia sedang dalam risiko badai tropis yang diperkirakan sedang berada di wilayah timur Indonesia. Pihak BMKG menyatakan anomali cuaca sangat mungkin terjadi dalam beberapa waktu ke depan.