Ini Kata Menkominfo Soal Pentingnya BIG DATA WEEK bagi Pelaku Bisnis Indonesia

by

(infomoneter.com)-BIG COMMUNITY dan PANORAMA EVENTS dengan dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan membawa BIG DATA WEEK ke Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, di Jakarta Kamis (23/03/2017), mengatakan, BIG DATA WEEK merupakan sebuah Event untuk merayakan keberadaan BIG DATA di seluruh Dunia. Dengan membawa Event ini ke Indonesia kami bermaksud untuk mulai meletakkan BIG DATA ke tangan para pebisnis di Indonesia dan berharap agar Event ini dapat benar-benar bermakna bagi para pengguna BIG DATA di Indonesia.

Inti dari acara yang digelar tanggal 23 Maret ini adalah ‘ BIG INDONESIA ‘ dimana Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan menjadi Keynote Speaker dan pidatonya akan di bawakan di depan kurang lebih 1000 Business Influencers (Mereka yang bisa menyebar luaskan suatu trend ke dunia business di Indonesia) dan para Data Scientist di Indonesia akan bisa mendengarkan langsung para ahli BIG DATA dari berbagai belahan dunia yang akan menjelaskan dengan gamblang MENGAPA dan BAGAIMANA Indonesia dapat memanfaatkan BIG DATA untuk keperluan Business yang semakin Kompetitif.

Melina Hwang, General Manger AOPG, perusahaan yang berperan dalam penyelenggaraan Event BIG COMMUNITY ini menjelaskan bahwa di negara-negara lain dimana BIG DATA WEEK pernah diadakan, informasi yang di sebar luaskan selama BIG DATA WEEK berlangsung digunakan untuk membantu proses adopsi BIG DATA bagi para penggunanya di Negara masing-masing tersebut. Diharapkan pengaruh atau efek yang sama akan terjadi setelah penyelenggaraan BIG DATA WEEK di Indonesia.

“Kami sudah mendapatkan kurang lebih 1,500 orang terdaftar dan menyatakan minatnya untuk datang di acara ini. Kami juga didukung oleh SPONSOR yang merupakan Perusahaan Leader di bidang BIG DATA dan Para Ahli BIG DATA yang menjadi pembicara di acara ini akan masih dapat di akses oleh pengguna Big Data Eco System di Indonesia SETELAH acara ini berlangsung melalui BIG DATA PORTAL Kami “, Melina Hwang menambahkan.

CLOUDERA salah satu Perusahaan dunia yang menjadi Leader di bidang BIG DATA berpartisipasi dalam acara ini sebagai Nation’s Builder Sponsor dan akan meluncurkan salah satu produk andalan mereka yaitu BASE (kependekan dari Big Analytic Skills Enablements) yang merupakan inisiatif canggih bagi PERCEPATAN PEMBERDAYAAN dan KETRAMPILAN dalam Penggunaan BIG DATA diseluruh Indonesia. BASE sudah membuktikan kecanggihannya di Singapore dan Malaysia dengan sukses.

Menteri Rudiantara mengatakan, sangat penting membawa talenta dan pemikir terbaik ke Indonesia untuk membantu perjalanan menuju kesuksesan dengan menggunakan BIG DATA di Negara kita. “Bekerja sama dengan perusahaan seperti CLOUDERA untuk meletakkan Landasan Dasar BIG DATA merupakan langkah penting yang perlu di ambil, “ujarnya.

General Manager PANORAMA EVENTS ( City Organizer ) Tony Chang juga merasa senang dengan ke ikut sertaan dari BIG DATA POWER HOUSE dari Asia Tenggara, yaitu FUSIONEX sebagai Diamond’s SPONSOR dalam Event ini.

“ Kami merasa senang dengan kehadiran FUSIONEX di Event ini karena FUSIONEX akan meluncurkan dan memamerkan aplikasi terbaru mereka yang diperuntukkan khusus bagi dunia Pariwisata yang mana kami sangat tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut “.

Event ini akan berlangsung pada tanggal 23 Maret 2017 di PURI AGUNG Hotel GRAND SAHID JAYA dan tidak akan di pungut biaya bagi mereka yang ingin menghadirinya.
Melina Hwang menambakan, pihaknya ingin mencipatakan sebuah Event terbuka bagi siapa saja yang tertarik untuk menghadirinya. “Kami membuka Sesi yang sesuai untuk para pemimpin Business di Indonesia yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai bagaimana pengaruh and manfaat BIG DATA di dalam dunia usaha yang kompetitif DAN berbagai Sesi yang akan menarik bagi para akhli Data Analis dan Data Scientists. Semua kalangan bisa mendapatkan apa yang menarik bagi mereka masing-masing, “ ujarnya.

MENGAPA BIG DATA sangat penting bagi INDONESIA ?
Menurut Menteri Kominfo, Rudi Antara, dunia mengalami perubahan, dimana bidang usaha di bangun berdasarkan DATA dan Perusahaan yang tidak mampu memahami bagaimana mengembangkan business berdasarkan DATA akan tertinggal. Hal ini merupakan sebuah RISIKO tetapi juga KESEMPATAN Luar biasa . Event seperti ini membantu kita untuk lebih memahami situasi dan mampu bersaing dalam dunia usaha masa kini yang berbasis Data. (kormen/infomoneter).