Ini kata Graphologist Soal Tulisan Tangan Jokowi

by

(infomoneter)-Inilah Analisis Tulisan Tangan Presiden Joko Widodo. Tulisan tangan Presiden Jokowi dilakukan pada Tanggal 30 Desember 2015, di Merauke, Papua. Tulisannya itu kemudian di analisis oleh Pakar Graphologist, Kusuma Prabandari, CMHA. Berikut penjelasannya.

Analisis tulisan tangan merupakan sebuah deskripsi tentang karakter individu berdasarkan tulisan tangan yang dibuatnya. Didasarkan pada prinsip Graphology, yaitu Ilmu Pengetahuan yang digunakan untuk menginterpretasikan karakter dan kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya. Graphology sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu, dengan publikasi pertama kali oleh Camillo Baldi (1621).

Analisis ini tidak bertujuan komersial apalagi politis, namun semata-mata untuk menghargai aplikasi sebuah ilmu pengetahuan, yang bermanfaat bagi siapa saja dalam mengenal lebih dalam karakter orang lain agar dapat memahami dan bekerjasama secara baik untuk sebuah tujuan yang diharapkan.

Senang sekali saya berkesempatan mengenal Bapak Jokowi – Presiden Republik Indonesia ke-7, melalui tulisan tangan yang beliau buat. Sebuah tulisan berjudul “ IMPIAN INDONESIA 2015-2085” bukan merupakan tulisan pertama beliau yang saya analisis. Namun yang menarik adalah, tulisan ini beliau buat sebagai deskripsi tentang visi dan impian tentang Indonesia, yang pertama kali dipublikasikan secara luas setelah beliau diangkat sebagai presiden RI.

Perjalanan hidup telah membentuk karakter dan kepribadian beliau dengan berbagai kelebihan dan kekuatan yang ditampilkan dalam diri Bapak Jokowi ketika tulisan tangan ini dibuat. Hal yang paling menyenangkan dengan menganalisa tulisan tangan adalah karena tidak ada orang lain yang seperti beliau. Bapak Jokowi adalah seseorang yang unik dan keunikannya akan dijelaskan dalam deskripsi dibawah ini.

ANALISIS dan DESKRIPSI
Analisis dilakukan terhadap berbagai unsur yang membentuk karakter dan kepribadian Bapak Jokowi, meliputi 6 (enam) aspek yaitu: Dorongan Fisik (physical, material, and drives); Cara Berpikir (intellectual style); Emosi dan Perasaan (emotional characteristic); Interaksi Sosial (social interaction); dan Produktifitas serta analsis tanda tangan.

Dorongan Fisik :
Bapak Jokowi adalah individu yang memiliki positif energy, hangat, dan mudah beradaptasi. Beliau senang bekerja dimana ada aktifitas fisik didalamnya. Baginya, kalau hanya duduk saja dia merasa tidak produktif dan merasa frustasi.
Memiliki kesehatan fisik yang cukup baik, tahan terhadap stress, dan mampu menggunakan energi dan vitalitasnya dengan baik. Hal ini sangat berperan pada kesenangannya dalam melakukan aktifitas fisik.
Beliau juga individu yang adaptif / cepat beradaptasi dengan lingkungan, sangat mampu melakukan determinasi yaitu bisa menunjukkan bahwa dirinya bisa sebagai penentu. Seorang project finisher yang memiliki keinginan meraih sukses dengan cara yang wajar.
Sebagai individu yang berorientasi pada hasil, Bapak Jokowi dapat diharapkan dalam menyelesaikan tugas. Selalu belajar dari pengalaman, dan selalu dapat menemukan cara baru dan menarik dalam melakukan sesuatu.

Meski demikian beliau adalah seorang slow starter, perlu waktu bagi beliau untuk memulai sesuatu. Namun kemampuan imajinasinya terutama imajinasi dalam hal-hal yang praktis sangat membantunya dalam memulai sebuah projek. Memiliki orientasi positif terhadap materi , berjiwa bisnis, dan tekun dalam bekerja.

Cara Berpikir :

Bapak Jokowi adalah individu yang kreatif, handal dalam banyak bidang, serta memiliki intuisi tajam. Memiliki emosi yang stabil dalam berpikir, pertimbangan baik, terbuka, serta toleran terhadap opini orang lain.

Memiliki wawasan yang luas dan senang melakukan investigasi adalah karakter lain yang beliau miliki. Sering terkesan suka buang waktu ingin melakukan penyelidikan dan mengekplorasi banyak hal. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan dirinya dalam mempertahankan apa yang dia suka atau tidak suka.
Antusias, pintar, dan imajinatif. Walau kadang terlihat kurang sabar, kurang realistis, tapi selalu mengimbangi dengan ingin melakukan penelitian dan investigasi. Mampui berdiplomasi dan beradaptasi dengan baik, serta merasa yakin pada kemampuannya apabila mendapat kekuasaan.

Emosi dan Perasaan :
Secara umum Bapak Jokowi memiliki emosi yang stabil. Memiliki konsentrasi yang baik, bersikap obyektif, dan egois dalam arti positif. Kadang terkesan dingin karena merespon sesuatu dengan rasional dan bukan emosional . Dalam kondisi tertentu dimana merasa perlu, beliau menunjukkan karakter self centered dan terlihat berpikiran kaku .

Memiliki jiwa petualang, percaya diri, dan pribadi yang kuat. Fleksibel, optimistis dan individu dengan kualitas kepemimpinan yang baik. Beliau seorang yang ekspresif, kadang untuk mengungkapkan ekspresinya pada suatu hal beliau menjadi tidak displin. (catatan : dalam hal ini barangkali aplikasinya adalah ketika ingin menunjukkan ekspresinya dalam berpetualang, beliau harus mengabaikan aturan protokoler).

Dalam kondisi tertentu kadang terlihat beliau sulit membuat keputusan dan pecah konsentrasi. Dalam keadaan ini beliau merasa perlu mendengar pendapat dan pemikiran orang lain.

Interaksi Sosial :
Individu yang memiliki rasa bangga diri dan tujuan yang jelas. Bapak Jokowi adalah orang yang ekspresif meski pembawaannya formal. Mampu maju dari masa lalu sekaligus berani menghadapi masa depan, juga merupakan karakter positif beliau. Berpikir jelas, memiliki pemikiran yang teratur, serta stabil , serta mampu mengelola tugas dan hal-hal yang sifatnya rutin.

Beliau juga memiliki atensi tinggi pada orang lain, rendah hati, dan sangat ingin selalu dekat dengan orang lain. Pada dasarnya tidak senang menyendiri dan beliau adalah individu yang komunikatif. Baik hati, mudah bergaul dan beradaptasi, ramah, serta mampu bersosialisasi. Kadang terlihat beliau kurang tegas.

Cara Pandang Diri :
Bapak Jokowi memiliki cara pandang sebagai seorang good observer. Beliau berpikir detil, akurat, dan teliti. Rasa percaya dirinya tinggi dan senang berkata jujur apa adanya untuk suatu projek yang beliau kerjakan, apapun konsekuensinya. Kadang beliau merasa cukup puas dengan pencapaian saat ini.
Pribadi yang bersikap diam dan berbicara secukupnya. Lebih banyak mendengar daripada berbicara. Beliau sulit berkomunikasi verbal dibandingkan aktifitas fisik.

Memiliki kebanggaan dan rasa harga diri yang tinggi. Penting bagi beliau membuat impresi yang baik atas dirinya dan sangat terlihat kepuasan beliau jika bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan diapresiasi orang lain. Beliau peduli pada public image dan ingin membangun reputasi dari respek orang lain. Dalam kondisi tertentu terlihat bahwa beliau sensitif terhadap kritikan terutama bila menyangkut hal berkait dengan visi dan cita-cita

Produktifitas :
Dalam hal produktifitas kerja, Bapak Jokowi adalah individu yang dapat diandalkan. Bekerja secara terstuktur, teratur , responsif, serta menetapkan tujuan yang pasti dan tetap.

Analisis Tanda Tangan
Pengantar : Pada dasarnya seorang graphologist tidak akan melakukan analisis tandatangan secara parsial atau tunggal. Analisis tanda tangan akan memiliki makna utuh jika dilakukan sebagai bagian dari analisis tulisan tangan. Hal ini dikarenakan, dalam menuliskan tandatangan subyek akan melibatkan emosi dan perasaan, serta suasana hati ‘pada saat tandatangan itu dibuat’. Sehingga jika dianalisis secara parsial sebetulnya tidak menggambarkan utuh diri subyek.

Signature atau Sign of Nature, adalah sesuatu yang digambarkan oleh subyek atau penulis untuk menunjukkan siapa dirinya. Signature merupkan identitas unik seseorang yang secara sepintas dapat digunakan untuk melihat perbedaan satu individu dengan individu yang lain. Saya melakukan analisis tandatangan Bapak Jokowi yang menjadi bagian dari laporan ini sebagai berikut :

Tandatangan Bapak Jokowi menggambarkan dengan jelas bahwa beliau secara tegas memisahkan antara wilayah publik dan wilayah personal. Juga memisahkan antara masa lalu dan saat ini. Beliau juga membuat batasan yang jelas antara dirinya dengan orang lain. Protective terhadap pribadi termasuk keluarganya dari pengaruh publik.

Bapak Jokowi pada dasarnya adalah individu yang tidak menginginkan komunikasi dengan publik untuk hal-hal yang sifatnya personal. Beliau merasa nyaman bila hal yang sifatnya personal hanya disimpan untuk dirinya sendiri. Bapak Jokowi ingin mengkomunikasikan pikiran dan idenya, tetapi tidak ingin publik tau siapa sebenarnya dirinya. Baginya yang penting ide dan gagasannya dapat dikomunikasikan dengan baik ke publik.

Beliau memiliki citra diri yang sehat, nyaman dan mantap berada di depan publik, meski terlihat bahwa

dirinya adalah individu yang pemalu dan suka bekerja di belakang layar. Baginya ikatan masa lalu memberi pengaruh besar pada tampilan sisi dirinya saat ini. Beliau bisa menunjukkan sisi dirinya yang agresif apabila dirasa perlu untuk dilakukan. Dan yang menarik adalah, Bapak Jokowi memiliki sense of humor yang menonjol.

Penutup
Semua yang ditampilkan dalam laporan ini mengenai kepribadian Bapak Jokowi, dibuat berdasarkan aplikasi prinsip-prinsip dasar dari analisa tulisan tangan atau graphology, dan dibuat tanpa prasangka buruk atau diskriminasi. Semoga dari analisis tulisan tangan ini, akan didapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri beliau. (Untuk konsultasi bisa kirim ke alamat Email Graphologist, Kusuma Prabandari di: kusumaprabandari@gmail.com).