Indonesia Eximbank, Penerbit Obligasi Pertama di BEI pada Tahun ini

by

infomoneter.com – PT Indonesia Eximbank menjadi penerbit obligasi pertama yang mencatatkan obligasinya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2018. Obligasi tersebut adalah Obligasi Berkelanjutan Indonesia Eximbank III Tahap IV/2018 senilai Rp2,46 triliun.

Dengan penerbitan obligasi yang dilakukan pada pekan ketiga Februari 2018 tersebut, maka jumlah emisi obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI menjadi 345 emisi dengan nilai nominal Rp385,07 triliun dan US$47,5 juta.

Total emisi obligasi tersebut diterbitkan oleh 114 perusahaan. Obligasi itu terdiri dari 92 seri, merupakan Surat Berharga Negara (SBN) yang tercatat di BEI dengan nilai nominal Rp2.106 triliun dan US$200 juta, serta 10 emisi Efek Beragun Aset (EBA) bernilai total Rp8,27 triliun.

Sementara itu, pada 15 Februari 2018, PT Borneo Olah Sarana Sukses Tbk (BOSS) melakukan pencatatan perdana saham di BEI. Perusahaan pertambangan batu bara ini menjadi perusahaan kedua yang mencatatkan sahamnya di BEI pada tahun ini, sekaligus menjadi emiten ke-568 di BEI.

Disamping itu, pada periode 12-15 Februari 2018, BEI juga melakukan sosialisasi dan edukasi pasar modal ke berbagai daerah untuk meningkatkan literasi pasar modal secara nasional. Salah satunya adalah peresmian 2 Galeri Investasi di Jawa Barat dan Sulawesi Utara.

Di Jawa Barat, BEI meresmikan galeri investasi di Pasar Cikurubuk Tasikmalaya pada Senin (12/02/2018). Pembukaan galeri tersebut adalah kerja sama antara BEI dengan Reliance Sekuritas dan Universitas Siliwangi. Galeri ini adalah yang pertama didirikan di pasar tradisional.

Adapun Galeri Investasi BEI yang diresmikan di Sulawesi Utara terdapat di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Petra Bitung – Manado. Itu dilakukan bekerjasama dengan Phintraco Sekuritasi pada Selasa (13/02/2018). Dengan peresmian kedua galeri investasi pada pekan ini, maka BEI hingga kini memiliki 334 galeri investasi di seluruh Indonesia. (Abraham Sihombing)