Indofarma Incar Laba Tinggi

by

Infomoneter.com- Meski target penjualan dipatok sama dengan tahun 2012, PT Indofarma Tbk (INAF) mengincar laba lebih tinggi, yaitu menjadi 85 miliar rupiah di tahun 2013. ‘’PT Indofarma Tbk (INAF) bakal berkonsentrasi menggenjot kemampuan meraup laba sepanjang tahun 2013 mendatang. Nilai penjualan ekspor terus dipacu menjadi 30 persen di tahun depan dengan memperluas pasar,”ujarnya.

Menurutnya ada tiga strategi disiapkan BUMN produsen obat ini. Marjin laba bersih itu ditopang tiga strategi. Pertama, upaya efisiensi sehingga porsi harga pokok produksi lebih kecil, yakni 65 persen. Kedua, ditopang oleh delapan produk baru yang bakal dirilis pada 2013, antara lain terdiri dari obat ethical dan generik.

“Tahun depan, kami akan mengeluarkan delapan obat baru, baik jenis ethical dan generik,” ujar Direktur Keuangan Indofarma, John Sebayang, yang dihubungi secara terpisah. Ketiga, perseroan juga berharap dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan produk ke luar negeri hingga 30 persen atau sekitar lebih dari 26 miliar rupiah ke berbagai negara tujuan.

Dibanding incaran keuntungan bersih tahun ini yang 70 persen, laba tahun depan ditargetkan meningkat 21,43 persen. “Laba bersih dalam RKAP tahun depan sekitar 85 miliar rupiah,” ujarnya.

Proyeksi itu, jika terwujud, bakal mengantar Indofarma menikmati marjin laba bersih yang lebih tebal. Realisasi penjualan tahun lalu menghasilkan marjin laba 5 persen, dan sepanjang tahun 2013 diharapkan membaik menjadi 6,07 persen. Djakfaruddin juga mengakui target penjualan yang tidak berubah ini merupakan strategi perseroan untuk lebih mengejar kenaikan laba bersih di tahun 2013.

“Apalah artinya penjualan naik kalau laba bersihnya justru turun atau tidak mengalami pertumbuhan. Untuk itu, kami memang sengaja ingin menggenjot perolehan laba bersih ketimbang penjualandi tahun 2013,” ujar dia.