ICMA Australia Bersama BEI Gelar Konferensi Internasional Akuntansi Manajemen

by

infomoneter.com – Institute of Certified Management Accountant (ICMA) Australia bekerjasama ICMA Indonesia dan Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar Konferensi Internasional Akuntansi Manajemen dengan tema The Digital Economy: Innovation, Growth and Sustainability di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (06/12/2017).

“Konferensi ini digelar mengingat dunia kini sedang berubah dengan cepat ke arah ekonomi digital yang menuntut para profesional menyesuaikan diri dengan berbagai konsep manajemen terkini guna memenuhi tuntutan baru,” ujar Yohanes, Ketua Panitia Konferensi.

Yohanes mengemukakan, kondisi yang sama juga dialami oleh profesi akuntan manajemen yang menjadi bagian dari transformasi suatu organisasi dalam mencapai visi dan misinya. Karena itu, konferensi ini menjadi wadah para praktisi dan akademisi untuk meningkatkan pemahaman di bidang akuntansi manajemen strategi.

Sementara itu, para panelis dalam konferensi tersebut menegaskan bahwa dunia bisnis membutuhkan akuntansi dan keuangan yang berubah dengan cepat. Karena itu, peran akuntan dan profesional keuangan dalam organisasi juga diharapkan dapat terus berubah.

Pasalnya, banyak fungsi back office yang telah diotomatisasi. Sementara itu, Finance Business Partner diharapankan dapat melihat kedepan, menggunakan analisa keuangan untuk memfasilitasi perubahan dan menyediakan layanan untuk sejumlah departemen yang berbeda.

Sedangkan Joni Pathibang, Presiden ICMA Indonesia, dengan mengacu pada pernyataan Presiden Joko Widodo dalam APEC di Da Nang, Vietnam tanggal 11 November 2017, berpesan, konferensi ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh para profesional agar Indonesia dapat merealisasikan potensinya untuk menjadi pusat perekonomin digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020 menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Konferensi ini menghadirkan dua menteri Republik Indonesia, empat profesor, 9 top eksekutif dan 200 peserta. Prof Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia, dan Ignatius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, menjadi pembicara utama (keynote speaker) pada konferensi ini.

Mereka memaparkan outlook ekonomi 2018 serta peluang dan tantangan di era ekonomi digital. Dalam kesempatan ini ICMA Australia juga memberikan penghargaan Lifetime Achievement Award kepada Prof Bambang Brojonegoro dan Bapak Ignasius Jonan. (Abraham Sihombing)