Geliat Kedacom Video Conference Dorong Daya saing Bisnis

by

video conference(infomoneter.com)-Doni, seorang pengusaha skala menengah di kawasan Cibubur Jakarta mengeluh. Setiap bulan, dirinya harus bolak balik Jakarta-Flores Timur hanya untuk urusan rapat dan kordinasi bisnis dengan karyawannya. Terang saja, untuk urusan rapat itu memberikan beban bagi bisnisnya. Selain memakan biaya yang besar terutama ongkos pesawat dan transportasi darat yang mencapai Rp5 juta untuk setiap kali perjalanan, tenaga dan waktu juga benar-benar tergerus. “Gile, benar-benar tidak efektif. Penerbangan ke Flores sangat terbatas. Belum lagi kalau cuaca tak mendukung,”ujarnya menyimpan gundah.

Kendati infrastruktur telekomunikasi belum begitu familiar dengan daerah itu, namun setidaknya kegundahan pria separuh baya itu, kini bisa terobati. Dimana secara perlahan melahirkan asa bahwa ada teknologi pintar yang bisa memberikan solusi bisnis sehingga satu saat bisa mendorong efisiensi bisnisnya. Urusan jauh bisa lebih dekat dan urusan lama bisa jadi singkat. Bahkan segala keputusan bisa dilakukan dalam hitungan detik karena semuanya ada solusi melalui media komunikasi yang efektif.

Dia adalah Keda Communication Ltd (Kedacom). Yaitu salah satu pelaku industri video telekomunikasi global yang berpusat di China. Perusahaan dari negeri tirai bambu itu menghadirkan solusi berupa Kedacom Video Conference. Berkat pengalamannya yang panjang dan luas, Kedacom dengan Video Conference mampu memberikan solusi yang jauh lebih canggih untuk kebutuhan pelaku bisnis saat ini.

Kedacom sepertinya paham betul. Ia mampu menjawab dengan cepat apa yang menjadi kebutuhan bisnis saat ini. Tak sekadar Video conference, tapi kualitas dan modelnya didukung aplikasi canggih dan tampil sebagai pemberi solusi.

Agar sukses dalam menggarap pasar Indonesia. Perusahaan ini menggandeng pt. Datascrip sebagai distributor tunggal Kedacom di Indonesia. Sekaligus memantapkan rencana serangkaian produk Kedacom Video Conference siap dihadirkan di Indonesia. Produk-produk tersebut adalah terminal video conference H700/H900, terminal video conference yang terintegrasi dengan kamera-nya H600, kamera video conference TrueVixon HD85D/ True Vixon HD90D, software video conference HD-PCMT, multipoint control unit (MCU) KDV8000H dan digital conference microphone TrueVoc300D dan TrueVoc300A.

Serangkaian produk tersebut dapat dipilih dengan menyesuaikan kebutuhan video conference yang akan dilakukan. Baik itu yang sifatnya point to point (antara dua lokasi) maupun multi point (lebih dari dua lokasi). Video bisa ditampilkan melalui monitor notebook, layar LCD/LED TV, ataupun proyektor.

Untuk point to point video conference bisa menggunakan produk H600 atau H700/H900. Kedacom H600 merupakan terminal video conference yang terintegrasi dengan kamera beresolusi tinggi (full HD), yakni mencapai 1080p (1920 x 1080) sehingga gambar yang ditampilkan lebih lebar dan lebih jelas. Hal ini didukung pula dengan output display yang full HD dan jaringan internet yang setara dengan kapasitas video conference.

Kamera yang terpasang di H600 mampu melakukan perbesaran optik hingga 10x dan sudut pandang horisontal hingga 70° sehingga membantu memberikan gambaran yang luas pada saat video conference berlangsung.

Sementara itu, Kedacom H700/H900 adalah terminal video conference dengan kamera terpisah. H700 ditunjang CPU dengan pengolahan gambar terpadu dan teknologi H.264 High Profile menghasilkan video HD lebih cepat hingga 1080p/60fps setiap 2 Mbps disertai resolusi gambar yang berkualitas tinggi. Produk ini cocok untuk video conference yang dilakukan di ruangan besar dan memerlukan lebih dari satu kamera, yang penempatannya bisa disesuaikan dengan keperluan pengguna.

Adapun kamera yang bisa dipasangkan di H700/H900 adalah TrueVixon HD85D/ True Vixon HD90D. Produk ini didukung teknologi sensor mutakhir yang memungkinkan kamera menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan resolusi 1920 x 1080.

Bukan hanya itu, produk ini memiliki lensa zoom auto fokus berkecepatan tinggi dan stabil dengan kemampuan perbesaran optik hingga 10 kali. Selain itu, kamera ini dapat berputar ke kanan/kiri hingga 170°, ke atas hingga 90° dan ke bawah hingga 30°.

Untuk kebutuhan multi point video conference, pengguna dapat menggunakan H600 ataupun H700/H900 dengan tambahan perangkat MCU KDV8000H. Produk KDV8000H menunjang video conference multipoint dengan kemampuan interaksi hingga 64 lokasi.

Aksesoris lainnya yang turut mengoptimalkan video conference Anda adalah mikrofon digital TrueVoc300D/ TrueVoc300A. Mikrofon ini memiliki jangkauan suara yang lebar serta kualitas suara jernih dan stabil. Partisipan video conference dapat bergerak di sekeliling meja dan berbicara pada saat yang sama, misalnya ketika memberikan presentasi selama video conference.

Kedacom juga memberikan solusi bagi pengguna dengan mobilitas tinggi yang rutin melakukan video conference. Produk yang disediakan Kedacom adalah software HD-PCMT. Pengguna cukup menginstal software ini di notebook yang dilengkapi dengan webcam untuk menjadikannya sarana video conference.

H600Komunikasi virtual yang real time

Teknologi yang disematkan pada serangkaian Kedacom Video conference memungkinkan konferensi video yang dilakukan berlangsung secara real time. Artinya, Anda tidak bakal mengalami suara yang muncul belakangan atau terlambat.

Gerak bibir dan suara pembicara bisa muncul bersamaan seperti saat bercakap-cakap dengan berhadapan langsung. Hal ini tentu membuat konferensi video berjalan lebih nyaman dibandingkan memanfaatkan aplikasi percakapan online yang tersedia secara gratis.

Keamanan informasi terjaga

Kedacom Video Conference membantu Anda menjaga keamaan informasi selama video konferensi berlangsung. Hal ini dimungkinkan dengan dukungan teknologi 128-bit AES. Teknologi ini dirancang untuk mencegah akses yang tidak terotorisasi oleh sistem.

Ini berguna misalnya, ketika pembicaraan bersifat internal dan data-data yang disampaikan tidak untuk konsumsi publik. Jika menggunakan program sambungan komunikasi melalui internet secara gratis, Anda tidak memperoleh jaminan keamanan pembicaraan.

“Kedacom Video Conference bukan hanya menghemat biaya perjalanan dan waktu, melainkan juga membantu mempercepat pengambilan keputusan. Produk ini dapat dimanfaatkan di berbagai bidang, mulai dari sektor perdagangan, keuangan, perhotelan, kesehatan, pendidikan, hingga pemerintahan” ujar Jeremy Hermanto, Division Manager pt. Datascrip. Jelemone, Alan (redaksiinfomoneter@yahoo.co.id)