Cardig Aero Services Melayani Boeing 787 Dreamliner Pertama di Indonesia

by

aero(infomoneter.com)-PT. Cardig Aero Services, Tbk. (kode di Bursa Efek Indonesia : CASS) melalui dua unit usahanya yaitu PT. Jasa Angkasa Semesta, Tbk (JAS) dan PT. JAS Aero-engineering Service (JAE) dengan bangga menjadi penyedia layanan Ground Handling dan Line Maintenance untuk pesawat jenis Boeing 787 Dreamliner yang pertama di Indonesia. Layanan tersebut di atas akan mulai dilakukan untuk maskapai penerbangan Jetstar dengan rute Melboune – Denpasar pada tanggal 18 Desember 2013 di Bandara Ngurah Rai Bali. Acara konferensi pers diadakan di gedung KULINAIR Inflight Catering yang juga merupakan salah satu unit usaha PT. Cardig Aero Services, Tbk bekerja sama dengan PT. Angkasa Pura I.

Boeing 787 Dreamliner merupakan pesawat mutakhir berbadan lebar yang mampu terbang jarak-jauh dengan paling efisien di dunia. Memiliki kapasitas bervariasi mulai dari 210 – 330 penumpang tergantung konfigurasi kelas tempat duduk. Pesawat ini merupakan jenis pertama yang menggunakan komposit sebagai bahan utama pembuatan struktur pesawat.

Untuk menunjang operasional Boeing 787 Dreamliner Jetstar, JAE telah mempersiapkan diri sejak tahun lalu untuk mendapatkan Aircraft Certification dari Civil Aviation Safety Authority (CASA), Australia. Personil engineer JAE juga telah melewati serangkaian proses pelatihan dan uji kompetensi dengan standar internasional baik di Singapura, Melbourne dan Doha. JAE juga berinvestasi lebih dari US$ 300,000 untuk pelatihan dan pembelian peralatan teknis dan Ground Power Unit baru.

Serangkaian persiapan juga dilakukan oleh JAS Airport Services guna melayani Boeing 787 Dreamliner. JAS telah menjalani pelatihan Ramp Handling dan Passenger Handling di Melbourne sesuai dengan karakteristik pesawat dan aturan yang tertera pada IATA Aircraft Handling Manual. JAS juga harus melewati audit Jetstar dan Civil Aviation Safety Authority (CASA) yang meliputi GSE dan Maintenance Record, Training dan License Data, Struktur Organisasi, Progress Training, Airport Lay out dan Marka Apron, Check In / Gate Lay Out serta pengecekan kondisi GSE.

Presiden Direktur PT Cardig Aero Services Tbk. , Diono Nurjadin mengungkapkan rasa bangga atas kepercayaan Jetstar terhadap unit usaha JAS dan JAE yang masing-masing menangani Ground Handling dan Line Maintenance bagi pesawat Boeing 787 Dreamliner yang pertama kalinya mendarat di Indonesia ini, “Ini merupakan konfirmasi bahwa Indonesia memiliki perusahaan penyedia jasa Ground Handling dan Line Maintenance yang berkualitas internasional.”

Sekilas PT Cardig Aero Services Tbk

PT Cardig Aero Services Tbk merupakan perusahaan terkemuka yang menyediakan jasa pelayanan penunjang penerbangan dan jasa catering melalui beberapa unit usaha yang dimilikinya. Selain PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS) dan PT JAS Aero-engineering Service (JAE), PT Cardig Aero Services Tbk memiliki PT Cardig Anugrah Sarana Catering (CASC) yang bergerak di usaha catering untuk industri dan pertambangan, PT Purantara Mitra Angkasa Dua (PMAD) yang bergerak di usaha catering untuk maskapai penerbangan / in-flight catering di Bandara Soekarno-Hatta, Kulinair yang bergerak di usaha catering untuk maskapai penerbangan/ in-flight catering di Bandara Ngurah Rai dan PT Cardig Anugra Sarana Bersama yang bergerak di usaha Facility Management. PT Cardig Aero Services Tbk telah tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 5 Desember 2011.

Sekilas PT Jasa Angkasa Semesta Tbk

PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS) bergerak di bidang Ground & Cargo Handling yang berdiri sejak tahun 1984. Saat ini JAS beroperasi di 12 bandara di Indonesia serta melayani 34 maskapai penerbangan internasional dan 7 maskapai penerbangan nasional.

JAS merupakan perusahaan penyedia jasa Ground & Cargo Handling di Indonesia yang mengantongi sertifikat IATA Safety Audit for Ground Operations (ISAGO).

Sekilas PT JAS Aero-engineering Service

PT JAS Aero-engineering Service (JAE) adalah perusahaan Joint venture antara PT Cardig Aero Services Tbk dengan SIA Engineering Company (SIAEC) pada tahun 2003. Saat ini JAE memberikan jasa pelayanan Aircraft Certification, Technical Ramp Services, Ground Support Equipment, dan A Chek (A320) kepada 40 maskapai internasional dan 3 maskapai nasional di 17 bandara di seluruh Indonesia.

Saat ini JAE telah memiliki sertifikat dari Dirjen Perhubungan Udara di Indonesia. Selain itu JAE juga mendapatkan sertifikasi dari 20 Otoritas dan Maskapai Penerbangan, antara lain: FAA (Amerika Serikat), EASA (Eropa), CASA (Australia), CAAS (Singapore), dan GCAA (UAE).

JAE adalah perusahaan pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat Aircraft Certification untuk tipe pesawat Airbus 320 Series pada tahun 1998 dan Boeing 777 Series di tahun 2004.