BTN Raih Penghargaan dari The Asset

by

BTN Raih Penghargaan dari The Asset.

(Infomoneter.com)-PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) meraih penghargaan sebagai perusahaan yang memiliki tata kelola perusahaan dan hubungan investor terbaik di Asia dari dari The Asset.

Direktur Utama BBTN, Maryono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (17/12) mengatakan perseroan meraih The Asset Corporate Awards untuk kategori Gold Award – Excellence in Corporate Governance and Investor Relations, pada acara yang diselenggarakan oleh The Asset, pekan lalu di Hongkong.

“Penghargaan yang diperoleh Bank BTN di kancah internasional ini sekaligus membuktikan kami telah siap bertransformasi menjadi bank dengan layanan berkelas dunia,” katanya.

Menurut Maryono, prestasi tersebut merupakan peningkatan dari pencapaian yang diraih perseroan pada event yang sama tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2016 Bank BTN menerima penghargaan dari The Asset untuk kategori Platinum.

Seperti tahun lalu, Bank BTN bersaing dengan beberapa perusahaan besar di Cina, Hong Kong dan Thailand serta negara Asia lainnya dalam merebut penghargaan tersebut.

“Penghargaan ini merupakan salah satu bukti bahwa perseroan telah berjalan pada koridor yang tepat untuk melangkah ke proses transformasi selanjutnya yaitu menjadi Bank dengan layanan kelas dunia,” ujarnya.

Maryono menambahkan penghargaan tersebut merupakan pengakuan dari lembaga keuangan internasional terhadap pencapaian Bank BTN, baik dari sisi kinerja keuangan maupun tata kelola perusahaan.

Tidak itu saja, kinerja Bank BTN yang baik juga tercermin dari peningkatan harga saham BBTN yang telah melonjak hingga 98 persen (ytd), dari harga Rp1.740 pada 31 Desember 2016 menjadi Rp 3.450 pada penutupan 11 Desember 2017.

Sebagaimana diketahui, 70 persen dari pemegang saham publik BBTN merupakan investor asing yang memiliki prospek investasi jangka panjang.

Adapun The Asset Corporate Awards merupakan Environment, Sustainability & Governance (ESG) award terlama di Asia, dimana perusahaan-perusahaan terbuka di Asia dievaluasi berdasarkan kinerja keuangan, kualitas tata kelola, tanggung jawab sosial dan lingkungan serta relasinya dengan para investor.

The Asset juga meminta masukan dari komunitas investor di Asia untuk melengkapi proses penilaian terhadap perusahaan.

Asset Publishing and Research Ltd yang merupakan sebuah perusahaan integrated multi-media yang melayani komunitas investasi dan perusahaan-perusahaan terkemuka di Asia. The Asset menerbitkan banyak pengayaan materi and riset mengenai industri  keuangan di Asia.

“Kami menyambut sangat gembira apresiasi yang diberikan oleh The Asset. Award ini akan menambah semangat kami untuk bekerja lebih baik ke depan. Apalagi saham BBTN juga telah diapresiasi masuk ke dalam kelompok saham unggulan dalam MSCI. Bank BTN terpacu untuk bagaimana ke depan dapat membawa prestasi lebih unggul tidak saja di dalam negeri, tetapi juga di kancah internasional,” papar Maryono.

Sebelumnya, Bank BTN juga meraih prestasi di Asia Tenggara di ajang ASEAN Risk Award. Bank BTN mendapatkan penghargaan  Government Risk and Compliance Award sebagai perusahaan yang  melakukan manajemen risiko dan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah dengan baik se-Asia Tenggara.

“Penghargaan ini membuktikan bahwa dengan pertumbuhan bisnis yang kuat didukung oleh penerapan manajemen risiko, kepatuhan dan audit yang berkualitas,” tegasnya.

Selain berprestasi di ajang internasional, Bank BTN juga berjaya di dalam negeri dengan menyabet puluhan penghargaan, diantaranya Annual Report Award 2017, TOP 50 Best Company 2017 versi Forbes dan meraih  BUMN Performance Excellence Award 2017 di kategori Emerging Industry Leader dari Forum Excellence BUMN milik Kementerian BUMN. (kormen)