BCA Finance Luncurkan Program Pembiayaan Fix & Cap Tenor 6 Tahun

by

PT BCA Finance menjadi perusahaan pembiayaan pertama di Indonesia yang mengeluarkan program pembiayaan kendaraan roda empat dengan tenor enam tahun dan tercatat di Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

BCA FinanceInfomoneter.com-PT BCA Finance pada Senin (21/01/2013) resmi meluncurkan program “Fix & Cap Tenor 6 Tahun”, kredit mobil berjangka waktu 6 tahun dengan bunga tetap yang pertama di Indonesia.

Peluncuran dilakukan Presiden Direktur BCA Finance Roni Haslim, bersamaan dengan penyerahan Rekor MURI untuk program Fix& Cap Tenor 6 tahun oleh Jaya Suprana Ketua MURI Indonesia di Gran Mahakam Jakarta. “Rekor MURI dengan kategori sebagai perusahaan pembiayaan pertama yang melakukan pembiayaan dengan jangka waktu 6 tahun dengan bunga tetap,”ujar Jaya Suprana.

Roni Haslim mengatakan, program Fix & Cap Tenor 6 Tahun merupakan salah satu bentuk usaha pihaknya dalam memenuhi kebutuhan para konsumen di Indonesia yang ingin mendapatkan mobil impiannya. Masa cicilian yang mencapai 6 tahun diharapkan bisa meringankan beban cicilan yang harus ditanggung oleh konsumen sehingga bisa lebih leluasa mengatur biaya bulanan mereka,

Dengan cicilan yang lebih rendah maka konsumen jadi memiliki banyak pilihan mobil yang bisa dibelinya. “Ini merupakan terobosan baru dalam bisnis pembiayaan mobil di Indonesia karena umumnya pembiayaan mobil di Indonesia hanya mencapai 4 tahun saja,” sambungnya.

Roni menjelaskan, pola pembiayaan Fix & Cap 6 tahun dengan angsuran ringan ini juga sangat sesuai untuk konsumen yang ingin memiliki mobil ramah lingkungan.

“Tren mobil ramah lingkungan bermesin kecil dengan harga terjangkau atau low cost green car akan segera diterapkan di Indonesia,” ungkapnya.

Program Fix & Cap Tenor 6 Tahun ini akan membagi periode pembayaran dengan nilai pokok hutang secara merata sepanjang masa cicilan (tenor). Program ini terbagi menjadi pembagian periode yang memakai bunga Fix pada tenor tahun pertama hingga keempat (1-4 tahun) sebesar 5,5% serta bunga Cap pada tenor tahun kelima hingga keenam (5-6 tahun) sebesar 6,5%.

Di samping itu, BCA Finance juga memberikan free asuransi TLO 1 tahun pada tahun ke-6 masa pinjaman. Sebelumnya, pihak BCA Finance telah meraih sukses dengan program Fix & Cap untuk Tenor 5 tahun.

Hingga Desember 2012, BCA Finance telah membiayai 160 ribu unit mobil baik mobil baru maupun bekas dengan total pembiayaan sebesar Rp 24,6 triliun. Tahun 2013, BCA Finance mematok target pembiayaan sebesar Rp 30 triliun atau naik sebesar 23% untuk pembiayaan mobil baru dan bekas.

“Untuk tahun ini, kami targetkan adanya penambahan 200 ribu unit untuk mobil baru dan bekas. Sementara melalui program Fix & Cap Tenor 6 Tahun ini dalam 6 bulan ke depan kam

Senada dengan Roni, Wakil Direktur PT BCA Finance Punto Nugroho mengatakan dengan program tersebut diharapkan konsumen bisa menaikkan kelas pembelian mobil. “Orang bisa menaikkan kelasnya, jadi pembeli Avanza bisa naik kelas akhirnya kredit Rush,” katanya.

 

Saat ini, BCA Finance memfokuskan untuk menyalurkan pembiayaan pada mobil pribadi, bukan mobil niaga. “Karena kalau mobil niaga tingkat risikonya lebih besar daripada mobil passenger, mobil niaga itu nggak pernah istirahat, jadi tingkat keawetannya lebih rendah,” katanya.

 

Sementara dia menjelaskan tidak ada limit plafond kredit bagi nasabah yang ingin mengajukan kredit kendaraan di BCA Finance, asal memenuhi syarat uang muka minimal 30 persen dari total harga kendaraan. (redaksiinfomoneter@yahoo.co.id)