All New Mazda CX-5 Berhasil Jelajahi Pulau Jawa dan Bali

by

Mazda SKYACTIV E-Halt Challenge_1 (infomoneter.com)-Jakarta, 11 Februari 2013 –Tujuh tim SKYACTIV E-Halt Challenge yang terdiri dari 14 peserta dan berkendara menjelajahi Jawa-Bali selama 4 hari menggunakan All-New Mazda CX-5, berhasil merampungkan perjalanannyadi tujuan akhir yaitu Pulau Bali pada hari Kamis, 7 Februari 2013 lalu.

Memulaiperjalanandarititik start SPBU Shell Jl. GatotSoebroto, Jakarta,pada Senin, 4 Februari 2013pukul 07.30 WIB,tangkiketujuh Mazda CX-5 dipenuhibahanbakarmasing-masingsebanyak 56 liter setelahsebelumnyasamasekalidikosongkan. Pengisianbensininijugaturutdisaksikanolehpara pesertauntukmembuktikankendaraan yang digunakanselamakegiataniniberada di level dankondisi yang sama.

Ketujuhtimberangkatdengankondisilingkungankendaraan yang telahditetapkan; komposisiberatbadanpengendaradan 1 orang penumpangdiatur agar setiapkendaraanmemilikibeban yang sama, kendaraandibebaskandaribebanbagasiapa pun termasukperlengkapanpribadikeduapesertadanair conditionerdipasangsecarastandarpada level 25 derajat (full autodenganeco-mode).

“Hal inidilakukanuntukmempermudahpengukuranpenggunaanbahanbakar, denganmenciptakanstandarlingkungankendaraan yang samadanperlakuan yang adilbagipeserta di ketujuh Mazda CX-5 tersebut.”,jelas Astrid Ariani Wijana, Marketing Manager PT. Mazda Motor Indonesia.

PresidenDirektur PT. Mazda Motor Indonesia, KeizoOkue,hadirbersamaCountry Communication Manager Shell Indonesia,InggitaNotosusanto,untukmelepas timE-Halt Challenge Mazda CX-5 dansekaligusmenyerahkansecarasimboliscinderamatadari Shell Indonesia kepadaperwakilanpeserta.“Kami sangatbanggadipercayaoleh PT. Mazda Motor Indonesia sebagaiofficial partnerbahanbakaruntuk program E-Halt Challenge Mazda CX-5 ini,” ujarInggita.

Menambahkeceriaan program, masing-masingtimdiberinamaunikseperti Tim Jambal Roti, Tim CabeRawit, Tim Tempe Bacem, Tim RujakCingur, Tim GarangAsem, Tim TerongBaladodan Tim SambalTerasi. PemilihannamatimtersebutdiambildarinamamakanankesukaananggotatimE-Halt Challenge Mazda CX-5.

Sejakdibekalibahanbakardari Jakarta, empatdaritujuhtimyaitu Terong Balado, Cabe Rawit, Rujak Cingur dan Garang Asem-lah yang berhasil mendarat di pulau Bali tanpa menggunakan bahan bakar cadangan.Keempat tim tersebut tetap melaju hingga tetes bahan bakar terakhir untuk memperebutkan gelar juara dan membuktikan pemakaianbahanbakar yangbegituefisien.

MemasukiJalan Raya Udayana – GilimanukDenpasar, Bali, mobil yang dikendaraiolehtim Garang Asemakhirnya berhenti dengan total jarak tempuh 1.074 km. Sekitar 30 km kemudian, tim Rujak Cingur jugaberhentidankeluar sebagai juara ketiga dengan total jarak tempuh 1.103,2 km.Sementara tim Cabe Rawitmenduduki posisi kedua dengan total jarak tempuh 1.109,7 km.Akhirnya pada total jarak tempuh 1.112,2 km, tim Terong Balado keluar sebagaipemenang pertama. Terpilihnya tim Terong Balado sebagai pemenang menandakan usainya tantangan SKYACTIV E-Halt Challengeini.

“Akhirnya programSKYACTIV E-Halt Challengesecararesmiselesai setelah kami semua melewati berbagai tantangan seru danpengalamanmengesankanbersamaAll

New Mazda CX-5 dalam perjalanan panjang selama 4 hari ini. Jalanan berlubang, kepadatan volume kendaraan yang didominasi bus dan truk-truk pengangkut barang, hingga gerombolan sapi yangmenyeberang jalan membuat petualangan ini menjadi lebih menantang!”,jelasAstrid penuh semangat.“Perjalanan iniberhasilmembuktikankualitasteknologi SKYACTIV persembahan Mazda dalammewujudkankonsepeco-drive.”imbuhnya.

Astridmengakui,“Hasil yang dicapaitim Terong Baladosangatluarbiasa. Memanfaatkan 56 liter bahanbakaruntukmenempuhjarak 1.112,2 km merupakanbuktiefisiensipemanfaatanbahanbakar yang luarbiasa.Pencapaianinibahkanmemecahkanrekorujicoba yang selamainipernahdiadakanoleh Mazda Motor Indonesia.”

Efisiensidanefektifitasdalamberkendaratersebut dimungkinkan denganelemen-elemenutamadariteknologiSKYACTIV sepertiSKYACTIV-G2.0, transmisi SKYACTIV-DRIVE, SKYACTIV-BODYdan SKYACTIV-CHASSIS.Kombinasi keempat elemenSKYACTIV Technology dari Mazda ini merupakan bagian terpenting dari performa All New Mazda CX-5 sebagai salah satu maha-karya Mazda yang menerapkan desain “KODO – Soul of Motion”.

Para pesertamengakudapatmerasakankeunggulanSKYACTIV-G, teknologimesin yang menjadibagiandariinovasi total SKYACTIV Technology. Mesinkendaraan yang didukungSKYACTIV-Gmenitikberatkanpadatenaga yang besardankinerjaemisibahanbakar yang sangatbaik.MesinrevolusionerSKYACTIV-Gmempunyairasiokompresitertinggi di duniayaitu 13:1, dilengkapidenganinovasicanggihsistempembuangan 4-2-1 yang meminimalisasiknockinguntukmenghasilkanrespon pedal gas yang begitubaik.DenganmemaksimalkankemampuanmesinSKYACTIV-G, penghematanbahanbakardapatmencapaihingga 15%, output torsi mencapai 15% lebihbesar, sertaemisi CO2 yang 15% lebihrendah.

Astrid mengatakan, “Kondisi jalan dan volume kendaraan selama perjalanan ini juga merupakan tantangan bagi para peserta dalam mengemudi. Kemacetan dan kondisijalanan yang berlubang mengharuskan para peserta untuk sigap dalam mengatur kecepatan. Situasi ini dapat disikapi secarataktisoleh salah satu elemen dalamSKYACTIV Technologyyaitu SKYACTIV-DRIVE, sebuah teknologi transmisi enam kecepatan otomatis yang memiliki kemampuan dalam pengoperan gigi otomatis secaralembut dan sigap dengan kesan transmisi manual yang responsif dan memuaskan.”

Astrid menjelaskan bahwa para peserta juga dapat mengandalkankenyamanandankeamanandalammengendaraiAll New Mazda CX-5 yang didukungteknologiSKYACTIV-BODY.Teknologiinimelengkapikendaraandengan material terbaruuntukmewujudkankekokohanfisikkendaraandanpengendalian yang terbaikpadakendaraan.“Penguranganbobotbadankendaraan yang dihasilkanmelaluiteknologiSKYACTIV-BODYlebihbesardibandingkanbodykendaraan lain padaumumnya yang menggunakanmaterikonvensional.”, lanjut Astrid.

Selama perjalanan SKYACTIV E-Halt Challenge ini, ketujuh All New Mazda CX-5 tersebutjugadidukungolehSKYACTIV-CHASSIS yang menyempurnakanesensifun-to-drivedari Mazda. Astrid menuturkan, “SKYACTIV-CHASSISdikembangkanuntukmencapaisebuahkeseimbangantingkattinggiantarakenikmatandankepuasanberkendara yang seutuhnya demi kenyamananparapenumpangnya.”

PenerapanSKYACTIV-CHASSISjuga mencakupgerakan yang lincah, stabilitasketikasedangmengemudidalamkecepatantinggi, kenyamananberkendara yang superior, sertakualitasposturpengereman yang ditingkatkankualitasnya, sehinggamemberikan rasa percayadiri yang lebihbesarpadapengendara.

PemenangSKYACTIV E-Halt ChallengedianugerahipenghargaansecaralangsungolehPresidenDirektur PT. Mazda Motor Indonesia, KeizoOkue di Nusa Dua, Bali.Melalui program SKYACTIV E-Halt Challenge, yang merupakanfasepertamadari tiga fase kampanye SKYACTIV Technology Unleashand Believeini, konsumendapatmerasakanpengalamanutuhberkendaradenganteknologiterdepanSKYACTIV Mazda dalammewujudkankomitmenmenyediakankenyamanan dalam berkendara dengan performa tinggi yang ramah lingkungan, sesuai dengan semangat Zoom Zoom Mazda.

 PT Mazda Motor Indonesia

PT Mazda Motor Indonesia adalah 100% subsidiari dari Mazda Motor Corporation yang mengimpor dan mendistribusikan mobil-mobil Mazda dan juga suku cadang resmi Mazda, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. Perusahaan ini didirikan tahun 2006 dan jaringan pemasarannya senantiasa berkembang. Saat ini ada 37dealer yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Jakarta, Bogor, Jawa Barat, Jawa Timur, Semarang, Jambi, Palembang, Pekanbaru, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Makassar, Bali, Medan, dan Batam. Ekspansi ini bersifat berkesinambungan, yang berarti akan lebih banyak lagi dealer-dealer yang diresmikan.

Mazda Motor Corporation

Didirikan pada bulan Januari 1920, Mazda meluncurkan mobil penumpang pertamanya di awal tahun 1960an. Berpusat di Hiroshima, Jepang, saat Mazda Motor Corporation merupakan salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Jepang.

Saat ini, Mazda adalah satu-satunya produsen otomotif di dunia yang memproduksi rotary internal engines, diesel dan bahan bakar minyak. Perwujudan terakhir dari rotary engine produksi Mazda dapat dijumpai pada Mazda RX-8 yang merupakan sebuah mobil yang benar-benar memiliki DNA Mazda.

Tujuan utama Mazda hadir di tengah industri otomotif adalah untuk membuat mobil-mobil yang menyenangkan untuk dikendarai – mobil yang dapat memuaskan hati pengendaranya namun tetap terjangkau.

Zoom-Zoom

Zoom-Zoom sering dilontarkan anak-anak untuk melukiskan gerakan. Mazda adalah perusahaan mobil yang unik yang masih menghargai keceriaan dan kebebasan yang diciptakan oleh gerakan – maka dari itu Zoom-Zoom spirit adalah jiwa setiap mobil Mazda. Kini, Sustainable Zoom-Zoom menjadi penggerak Mazda untuk terus berkembang – dengan menggabungkan desain yang menggugah, performa yang dapat menghadirkan perasaan senang bagi pengendaranya, dan fitur keamanan untuk mencegah kecelakaan yang tentu saja mengikutsertakan teknologi yang ramah lingkungan untuk melindungi keindahan alam kita. Mazda hadir untuk menyempurnakan keempat elemen ini – bagi mereka yang menghargai emosi dari setiap gerakan – serta untuk memastikan hadirnya kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai. (email:redaksiinfomoneter@yahoo.co.id)