Home Events Prodi event Prasetiya Mulya Raih Penghargaan “CoE” Terbaik

Prodi event Prasetiya Mulya Raih Penghargaan “CoE” Terbaik

5
SHARE

prasetiya(infomoneter.com)-Program Studi Manajemen Event Universitas Prasetiya Mulya meraih penghargaan Center of Excellence (CoE) dengan nilai terbaik (bintang 4) dari APIEM (Asia Pasific Institute for Event Management). Presiden APIEM, David Hint menyerahkan langsung penghargaan tersebut pada Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Djisman S.Simandjuntak di kampus BSD, Sabtu 18 Maret 2017.

“Pertumbuhan turisme di seluruh dunia meningkat pesat dari tahun ke tahun. Menurut dokumen UNWTO Tourism Towards 2030, tren kunjungan wisatawan di semua benua sejak tahun 1950 menunjukkan kenaikan luar biasa, hingga diperkirakan pada tahun 2030 ada sekitar 1,8 triliun kunjungan wisatawan. Industri ini menjadi sangat potensial bagi perekenomian negara mana pun”, jelas David pada sesi seminar sebagai rangkaian acara bertajuk Eventnesia 2017 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Event Prasetiya Mulya di hari yang sama.

“Event merupakan bagian penting dari industri pariwisata, yang banyak menyumbang peningkatan perekonomian lokal sebuah negara. Event menggerakkan banyak dana dan tenaga kerja, dalam business event seperti pameran, atau cultural event seperti fashion, art event dan lain-lain. Itu semua mengundang banyak orang untuk datang dan membelanjakan uangnya, artinya baik untuk peningkatan pendapatan daerah kunjungan wisata”, tambah David yang mengatakan event juga memacu pertumbuhan pembangunan hotel, pusat-pusat perbelanjaan & pameran, taman-taman kota dan infrastruktur lain.

Kebutuhan Pendidikan Berstandar Internasional

Pertumbuhan industri pariwisata dunia itu, menurut David, menjadi alasan penting mengapa diperlukan pendidikan yang berstandar internasional yang dapat mencetak tenaga-tenaga SDM yang ahli di bidang wisata, khususnya bidang Event, untuk memberikan pelayanan yang baik pada semua kebutuhan di sektor wisata.

“Karena semua potensi keuntungan yang bisa didapat dari event itu, menjadi sangat penting bila event dikelola secara profesional. Itu berarti kita butuh pendidikan yang berstandar baik secara internasional”, kata David yang menyatakan sudah waktunya Indonesia membuka pendidikan setingkat S1 (degree) untuk mencipta tenaga-tenaga profesional yang khusus menguasai manajemen event.

Di Inggris sendiri bahkan prodi event telah lama menjadi program yang juga dibuka bagi para mahasiswa pasca sarjana (S2) yang lulusannya akan setingkat Master atau lebih lanjut bergelar Doktor (S3).

APIEM, menurut pengajar senior yang pernah Dekan di School of Event, Tourism, Hospitality & Languages, Leeds Beckett University, Inggris ini juga telah mengakreditasi dua perguruan tinggi lain di Indonesia, yakni Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali dan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Demikian terungkap dalam laman resmi APIEM (http://theapiem.com/apiem-centres-excellence/) baru-baru ini.

“Prodi Event Prasetiya Mulya merupakan prodi pionir untuk tingkat pendidikan S1 di Indonesia dan saat ini satu-satunya program S1 yang memperoleh akreditasi dengan nilai tertinggi karena kurikulum pendidikannya dan segala yang mendukung mahasiswanya untuk menjalani program ini”, ungkap David. (kormen/infomoneter.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here